Analisis Perbedaan Tes IQ Manual dan Berbasis Komputer (Online)

05.50.00



Kecerdasan intelektual adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalarmerencanakanmemecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.Setiap manusia mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda. Masing masing potensi ini dapat digali dan diubah menjadi kreativitas dengan cara banyak berlatih, memperluas wawasan dengan banyak membaca dan mengembangkan sikap positif, sikap sukses maju dan berhasil. Saat ini, untuk mengetahui peluang sukses seseorang dikenal sebagai alat ukur. Alat ukur tersebut diantaranya adalah dengan Test Intelegensi (IQ).
Telah lama diikuti oleh pakar psikologi bahwa intelektual merupakan salah satu modal besar untuk meraih kesuksesan, tetapi disamping memiliki intelektual yang tinggi dibutuhkan pula kecerdasan untuk mengelola emosi yang tinggi pula, sebab jika IQ tinggi diharapkan mampu menguasai keadaan dan merebut setiap peluang yang ada, karena sumber daya manusia dituntut mempunyai keahlian dan ketrampilan dalam suatu bidang pekerjaan, salah satunya ditentukan oleh bakat mengelola intelegensi.
Tes intelektual digunakan untuk berbagai kepentingan diantaranya untuk kepentingan individu dalam rangka evaluasi diri terhadap kemampuan, bakat, minat dan sikap personality yang dimiliki. Serta untuk kepentingan test masuk ke sebuah perguruan tinggi, seleksi calon pegawai negri sipil dan karyawan. Tes inilah yang dianggap paling berat dan sering dikeluhkan sebagian orang khususnya calon karyawan, terlebih lagi bagi mereka yang baru pertama kalinya mengikuti tes tersebut.
Seiring dengan berkembangnya ilmu teknologi pada era sekarang ini tentunya sangat berpengaruh pada perkembangan bidang ilmu lainnya khususnya bidang psikologi. Manusia yang hidup di muka bumi pun juga mulai semakin bergantung pada teknologi, namun memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hal tersebut sangat membantu kita dalam mengerjakan segala sesuatu. Perkembangan teknologi pun berkembang pesat pada bidang psikologi, pengukuran tes intelegensi yang sebelumnya dilakukan dengan manual, face to face antar testee dan tester, berkat perkembangan teknologi kini dapat dilakukan dengan mudah banyak bermunculannya situs tes IQ secara online atau berbasis komputer.
Seperti yang saya ketahui dari tes IQ online yang sudah saya lakukan ternyata ada perbedaan dengan test IQ secara manual. Pertama dari segi biaya, test IQ yang dilakukan secara manual memang membutuhkan biaya yang cukup mahal dan membuat tidak semua kalangan bisa melakukan test IQ tersebut. Sedangkan test IQ secara online tidak membutuhkan biaya yang mahal karena hanya membutuhkan komputer atau laptop dan jaringan internet yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Test IQ secara manual bisa dilakukan secara individual atau secara klasikal, asalkan tetap testee bertemu dengan tester dan tester bertugas memberikan instruksi secara jelas sampai testee paham dengan instruksi tersebut. Dalam test IQ yang dilakukan secara online, tidak ada penjelasan atau instruksi yang diberikan secara jelas dan lengkap sehingga adanya kemungkinan ketidakpahaman testee dalam mengerjakan test tersebut. selain itu, testee tidak bertemu secara langsung dengan tester melainkan hanya mengerjakan lewat komputer. Hal itu membuat adanya celah-celah kecurangan yang dilakukan oleh testee. Dalam test IQ yang dilakukan secara manual, biasanya waktu untuk mengerjakan test tersebut sudah ditentukan, dan apabila waktu test tersebut sudah habis maka testee tidak dapat melanjutkan test tersebut melainkan meneruskan ke test selanjutnya. Tetapi tidak pada test yang dilakukan secara online. Di test IQ online, ada beberapa test yang tidak dibatasi oleh waktu dalam pengerjaannya, padahal seperti yang kita ketahui dalam test IQ yang diukur adalah kecepatan dan ketepatan individu dalam menerima informasi yang diberikan dalam waktu yang bisa dibilang singkat. Kalau saja test IQ yang dilakukan secara online tidak menggunakan waktu, apa bisa mengukur hal tersebut?
            Dalam admisitrasinya, test IQ secara manual mungkin terlihat lebih sulit dan membutuhkan ketelitian karena apabila salah dalam pengskoringan maka akan berdampak fatal sampai seterusnya, tetapi hasil yang didapatkan lebih lengkap karna terdapat nilai score IQ dan penjelasan dari score IQ tersebut. Sedangkan test IQ yang dilakukan secara online bisa secara langsung mengetahui scorenya setelah selesai mengerjakan soal IQ tersebut tetapi hasil yang didapatkan tidak lengkap dengan penjelasan hanya score mentah dari IQ tersebut.

Berikut situs tes IQ online yang bisa diakses secara gratis:
  1. Quicktest.net
  2.  Intelligence-test.net
  3.  IQTest.com
  4.  Arealme.com
  5.   tes-iq.com
  6.  pbsdm.pu.go.id


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

https://www.facebook.com/vivi.mufidah.165?ref=ts&fref=ts

Flickr Images