Mitos, Legenda dan Cerita Rakyat

06.43.00

Mitos


Mitos (bahasa Yunani: μῦθος— mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional.

Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas. Dalam pengertian yang lebih luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional atau—dalam percakapan sehari-hari—suatu hal salah kaprah dalam masyarakat atau suatu entitas khayalan.

Mitos erat kaitannya dengan legenda dan cerita rakyat. Mitos, legenda, dan cerita rakyat adalah cerita tradisional dalam jenis yang berbeda. Tidak seperti mitos, cerita rakyat dapat berlatar kapan pun dan dimana pun, dan tidak harus dianggap nyata atau suci oleh masyarakat yang melestarikannya. Sama halnya seperti mitos, legenda adalah kisah yang secara tradisional dianggap benar-benar terjadi, namun berlatar pada masa-masa yang lebih terkini, saat dunia sudah terbentuk seperti sekarang ini. Legenda biasanya menceritakan manusia biasa sebagai pelaku utamanya, sementara mitos biasanya fokus kepada tokoh manusia super.

Di indonesia masih banyak orang – orang yang menanggapi serius dengan mitos – mitos yang ada, berikut contoh – contoh mitos yang ada di indonesia :

* Anak gadis dilarang keras makan di depan pintu, katanya bisa batal dilamar orang alias balik kucing. (ini mitosnya). Kalau dipikir-pikir memang tidak pantas makan di depan pintu, fungsi pintu hanya untuk jalan keluar masuk saja. Seharusnya makan di ruang makan atau di tempat yang layak untuk makan. Apa hubungan nya dengan yang melamar balik lagi ? Semua pria pasti ingin calon istri yang memiliki sopan santun, jika makan nya di depan pintu, si pelamar akan beranggapan bahwa calon istri nya tidak memiliki sopan santun, karena itu batal dilamar.

* Calon pengantin perempuan dilarang keras keramas ketika dekat hari H, katanya agar tidak turun hujan deras ketika resepsi berlangsung yang bisa mengacaukan acara. Masuk akal tidak ya ? keramas dan hujan ? logikanya kenapa calon pengantin perempuan dilarang membasahi rambutnya (keramas) karena kata penata rias pengantin, kalau rambut yang akan disanggul itu di keramasi maka tekstur rambut jadi halus dan lembek ini menyulitkan si penata rambut memasang sanggul. Jadi ketika hari H si calon pengantin tidak boleh keramas supaya lebih mudah disasak dan dipasang sanggul.

* Kalau nyapu harus sampai tuntas jangan dikumpulin dipojokan, agar rejekinya tidak mampet (ini mitosnya). Faktanya, yang disapu pasti kotoran dan debu kan ? kalau terlalu lama dikumpulin di pojokan setiap menyapu,  rumah atau kamar akan kotor kembali, kalau keadaan kotor pasti bikin malas. Jadinya tidak bisa melakukan sesuatu hal yang bisa menguntungkan, misalnya gara-gara kamar kotor jadi malas belajar bisa, akhirnya rejeki baik untuk mendapatkan nilai bagus terhambat.

* Seorang Ayah yang pulang kerja, ketika punya anak bayi harus ke kamar mandi dulu untuk cuci tangan dan kaki, katanya agar setan dari luar yang ikut di badan si Ayah tidak menakuti bayinya. Logika untuk mitos ini tentu saja orang yang pulang kerja lewat jalan yang penuh dengan debu dan kotoran, belum lagi kalau macet dan asap kendaraan menempel di baju. Bayi yang baru lahir belum memiliki anti body yang kuat, jadi rentan terkena berbagai macam penyakit. Debu dan kotoran yang menempel di baju si Ayah ialah sarang kuman dan virus, jadi harus dihilangkan dulu dengan cara cuci tangan dan kaki.


* Tidak Boleh bermain petak umpet di malam hari.  Permainan kuno ini ternyata ada faktor mistis nya juga. Orang dulu percaya Permainan ini tidak boleh dimainkan di malam hari karena akan di sembunyikan oleh setan. Sebenarnya ini hanyalah sebuah gertakan orang tua zaman dulu untuk menghentikan anak mereka yang bermain tanpa henti.

~

Legenda

Legenda (bahasa Latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor
Menurut Buku Sari Kata Bahasa Indonesia, Legenda adalah cerita rakyat zaman dahulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal usul terjadinya suatu tempat. Contohnya: Sangkuriang, Batu Menangis, dan Legenda Pulau Giliraja.
Menurut Pudentia, legenda adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite. Dalam KBBI 2005, legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.
Menurut Emeis, legenda adalah cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan.
Menurut William R. Bascom, legenda adalah cerita yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mitos, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci.
Menurut Hooykaas, legenda adalah dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian.
Inilah beberapa contoh legenda :
·         Sangkuriang
·         La Madukelleng
·         Kutukan Jin Mun
·         Lutung Kasarung
·         Danau toba
·         Malin kundang
·         Batu bagga
·         Sinbad
·         Timun Mas
·         Banyuwangi
·         Pulau Giliraja

~

Cerita Rakyat

Cerita rakyat merupakan cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau yang menjadi ciri khas disetiap bangsa yang mempunyai kultur budaya yang beraneka ragam yang mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa. Pada umumnya cerita rakyat ini mengisahkan mengenai suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia dan dewa.

Ciri-ciri Cerita Rakyat (Unsur-Unsur Cerita Rakyat)

  • Dikisahkan atau diceritakan secara turun-temurun.
  • Tidak jelas siapa pengarangnya oleh karenanya sifatnya anonim (tanpa pengarang)
  • Tinggi dengan pesan moral
  • Memiliki nilai budaya / tradisi
  • Mempunyai banyak versi yang berbeda
  • Memiliki banyak hal-hal yang tidak bisa diterima dengan logika
  • Tersebar turun temurun dari mulut ke mulut.
  • Pada awalnya dokumentasi sangat kurang pada umumnya dikisahkan secara lisan.
  • Sering mirp dengan cerita rakyat dari daerah lain.

Contoh cerita rakyat
  • ·         Bawang merah dan bawang putih
  • ·         Keong mas
  • ·         Batu Menangis (Cerita Rakyat Kalimantan)
  • ·         Sangkuriang (Cerita Rakyat Jawa Barat)
  • ·         Malin Kundang (Cerita Rakyat Sumatera Barat)
  • ·         Si Pahit Lidah dan Si Empat Mata


Perbedaan antara mitos, legenda, dan cerita rakyat merupakan cara yang mudah dalam mengelompokkan cerita tradisonal. Dalam banyak budaya, sulit untuk menarik garis lurus antara mitos dan legenda. Daripada membagi kisah tradisional menjadi mitos, legenda, dan cerita rakyat, beberapa budaya membagi mereka menjadi dua kategori, yang satu langsung mengacu kepada cerita rakyat, yang lainnya mengkombinasikan mitos dan legenda. Bahkan mitos dan cerita rakyat tidak sepenuhnya berbeda. Suatu kisah dapat dianggap nyata (dan menjadi mitos) dalam suatu masyarakat, namun dianggap tak nyata (dan menjadi cerita rakyat) dalam masyarakat lainnya. Pada kenyataannya, saat suatu mitos kehilangan statusnya sebagai bagian dari suatu sistem religius, mitos seringkali memiliki sifat cerita rakyat yang lebih khas, dengan karakter dewa-dewi terdahulu yang diceritakan kembali sebagai manusia pahlawan, raksasa, dan peri.




Karena ayah dan ibu saya berasal dari provinsi Banten, maka saya akan menceritakan salah satu cerita rakyat / legenda yang berasal dari Banten. Sebenarnya ada banyak cerita rakyat / legenda dari Banten, namun ada satu yang membuat saya tertarik untuk saya ceritakan karena letaknya tidak jauh dari kampong saya. 

Inilah beberapa cerita rakyat dari Banten :
  • ·         Asal Mula Karang Bolong
  • ·         Legenda Batu Kuwung
  • ·         Legenda Gunung Pinang
  • ·         Legenda Prasasti Munjul
  • ·         Legenda Tanjung Lesung
  • ·         Masjid Terate Udik
  • ·         Pangeran Pande Gelang Dan Putri Cadasari
  • ·         Sultan Maulana Hasanuddin


Dan salah satu yang akan saya ceritakan adalah Legenda Batu Kuwung.

Batu Kuwung merupakan sebuah kalimat dalam bahasa Sunda yang berarti Batu Cekung. Batu Kuwung adalah nama sebuah objek wisata air panas yang terletak di provinsi Banten yang dipercaya banyak orang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berdasarkan cerita legenda rakyat Banten, Batu Kuwung bukanlah buatan manusia namun air panas yang keluar dari Batu Kuwung baru muncul setelah ada seorang saudagar kaya yang bertapa diatas batu tersebut selama 7 hari 7 malam.

Pada jaman dahulu di daerah Banten hidup seorang saudagar kaya raya yang mempunyai hubungan sangat erat dengan kekuasaan Sultan Haji, anak dari Sultan Ageng Tirtayasa. Karena kedekatan-nya tersebut, sang Saudagar mendapat hak monopoli perdagangan beras dan lada dari Lampung. Tak ayal, usahanya pun maju pesat. Hampir semua tanah pertanian di desa-desa yang berdekatan dengan tempat tinggal sang Saudagar menjadi miliknya. Ia membeli tanah-tanah tersebut dari para petani dengan harga yang rendah. Biasanya setelah petani-petani tersebut tidak mampu lagi membayar hutang dengan bunga yang beranak-pinak dan sudah habis jatuh tempo kepada sang Saudagar.

Selain itu, sang Saudagar diangkat menjadi seorang kepala desa di tempat tinggalnya. Tetapi ia menyalah gunakan kekuasaan yang diberikan dengan memungut pajak yang lebih tinggi dari tarif yang diharuskan. Karena kekayaan dari kekuasaannya itu, ia menjadi orang yang sangat sombong dan seringkali bertindak sewenang-sewenang. Sang Saudagar juga sangat kikir. Apabila ada orang lain tertimpa musibah dan membutuhkan pertolongan, ia sama sekali tidak mau memberikan bantuan. Bahkan saking pelit-nya, ia tidak mau menikah meskipun umurnya telah berkepala empat. Baginya, menikah dan memiliki anak adalah suatu pemborosan.

Ia hidup bermewah-mewahan, sedangkan orang-orang di sekitarnya dirundung kemiskinan, sehingga sangat beralasan, jika hampir semua penduduk desa membenci-nya. Untuk melindungi harta dan nyawanya saja, ia memelihara beberapa orang pengawal pribadi.

Pada suatu hari di desa tempat tinggal sang Saudagar kaya raya itu, lewatlah seorang sakti yang menyamar sebagai seorang pengemis lapar dengan kaki pincang. Sebelumnya, Orang Sakti ini sudah mendengar perangai buruk sang Saudagar, dikarenakan keburukannya sudah jadi obrolan rutin penduduk, di pasar atau di warung-warung kopi. Ia datang ingin memberi pelajaran dan menyadarkan sang Saudagar yang sombong dan kikir tersebut. Maka, si Pengemis berkaki pincang yang tidak lain adalah seorang sakti itu mampir menemui sang Saudagar di rumahnya yang besar dan mewah. Si Pengemis mengutarakan maksudnya menemui sang Saudagar untuk meminta sedikit makanan pengganjal perut dan sedikit kekayaan sebagai modal usaha. Tetapi sang Saudagar memang sangat kikir. Bukannya memberi, ia malah memaki-maki si Pengemis berkaki pincang.

“Hai pengemis hina, apa kau pikir kekayaan yang kumiliki sekarang ini jatuh begitu saja dari langit, heh?! Enak saja kau meminta-minta kepadaku, dasar pemalas!” hardik Sang Saudagar seraya mendorong tubuh si Pengemis berkaki pincang, hingga jatuh tersungkur mencium tanah. Mendapat perlakuan seperti itu, si Pengemis berkaki pincang pun murka. la memperingatkan bahwa sang Saudagar akan mendapatkan balasan yang setimpal atas perbuatannya.

“Hai Saudagar yang sombong dan kikir, kau pun harus merasakan betapa lapar dan menderitanya aku!” ujar si Pengemis berkaki pincang. Setelah berkata demikian, segera si Pengemis berkaki pincang raib dari pandangan mata. Melihat kejadian tersebut sang Saudagar terkejut bukan main.

Benar saja, esok hari ketika sang Saudagar bangun dari tidur, ia tidak dapat menggerakkan kedua kakinya. Dengan sekuat tenaga ia berusaha menggerakkan kakinya, tetapi tetap saja tidak bisa. Sang Saudagar pun panik. Ia berteriak-teriak histeris. Para pengawal pribadinya segera berdatangan mendengar teriakan sang Saudagar tersebut. Jadilah sang Saudagar menderita kelumpuhan pada kedua kakinya. la memerintahkan kepada pengawal pribadinya mencari tabib-tabib sakti untuk mengobati kakinya yang lumpuh. Ia menjanjikan imbalan yang sangat tinggi bagi siapa saja yang dapat menyembuhkan-nya.

Namun, meski sudah banyak tabib berusaha mengobati, tak satu pun yang berhasil. Oleh sebab itu ia pun berjanji akan memberikan setengah dari harta kekayaannya bagi siapa saja yang dapat menyembuhkannya dari kelumpuhan. Si Pengemis berkaki pincang mendengar janji tersebut. Maka ia pun datang menemui sang Saudagar dan menjelaskan apa yang sebenarnya menjadi sebab kelumpuhan kaki sang Saudagar.

“Semua ini adalah ganjalan atas sifatmu yang kikir dan sombong. Agar kakimu sembuh dari kelumpuhan kau harus melaksanakan tiga hal. Pertama, kau harus bisa merubah sifat sombong dan kikirmu itu.
Kedua, kau harus pergi ke kaki Gunung Karang dan carilah sebuah batu cekung. Lalu bertapalah kau selama tujuh hari tujuh malam di atas batu cekung tersebut, tanpa makan dan minum. Dan ingat, apa pun yang akan terjadi jangan sampai kau membatalkan pertapaan yang kau jalani.
Ketiga, apabila kakimu sudah sembuh seperti biasa, kau harus memenuhi janjimu untuk merelakan setengah dari harta kekayaan tersebut kepada orang-orang miskin di tempat tinggalmu”. Setelah berkata demikian, lagi-lagi si Pengemis berkaki pincang tersebut raib begitu saja dari pandangan mata. Sang Saudagar pun sadar bahwa si Pengemis berkaki pincang tersebut bukanlah orang sembarangan.

Kemudian berangkatlah sang Saudagar dengan menggunakan tandu yang digotong oleh dua orang pengawal pribadinya, menuju ke kaki Gunung Karang. Setelah berhari-hari melakukan perjalanan melewati jalan setapak yang dikelilingi semak belukar dan pepohonan yang lebat, akhirnya sang Saudagar tiba di kaki Gunung Karang dan melihat sebuah batu cekung yang dimaksud si Pengemis berkaki pincang. Karena perjalanan yang sangat melelahkan dan dilakukan tanpa istirahat, kedua orang pengawal pribadi sang Saudagar jatuh pingsan. Padahal batu cekung tersebut tinggal beberapa puluh langkah lagi jaraknya.

Terpaksa, dengan bersusah payah sang Saudagar merayap di tanah untuk mencapai batu cekung tersebut. Lalu ia pun segera bertapa di atasnya. Selama tujuh hari tujuh malam ia menahan rasa lapar dan haus karena tidak makan dan minum, juga bertahan dari bermacam-macam godaan lainnya, seperti binatang-binatang liar dan makhluk-makhluk halus yang datang mengganggu.

Pada hari terakhir pertapaan, keajaiban pun terjadi. Dari pusat Batu Cekung tersebut menyemburlah mata air panas. Sang Saudagar menyudahi tapanya, lalu bersegera mandi dengan mata air panas dari batu cekung tersebut. Keajaiban terjadi lagi, kedua kakinya yang semula lumpuh kini dapat ia gerakkan kembali.

Seperti janjinya semula, maka sang Saudagar membagi-bagikan setengah dari harta kekayaannya kepada orang-orang miskin di sekitar tempat tinggalnya. Para petani di desanya diberikan tanah pertanian sendiri untuk digarap. Ia juga kemudian menikahi seorang gadis cantik anak seorang petani miskin, yang menarik hatinya. Penduduk desa pun tidak lagi membenci-nya, ia kemudian dikenal sebagai seorang saudagar yang dermawan. Apabila ada orang bertamu ke rumahnya, sang Saudagar kerap kali bercerita, perihal keajaiban mata air panas batu cekung di kaki Gunung Karang yang dapat menyembuhkan kelumpuhan kakinya.

 Lambat laun cerita dari mulut ke mulut itu pun tersebar luas. Banyak orang yang tertarik untuk mendatanginya. Konon, beberapa macam penyakit lain dapat sembuh apabila mandi dengan mata air panas batu cekung tersebut. Kini, orang-orang mengenal tempat tersebut sebagai objek wisata pemandian mata air panas “Batu Kuwung” (yang berarti batu cekung). Demikianlah asal usul Batu Kuwung yang bisa saya sampaikan.


Sumber :


You Might Also Like

6 komentar

  1. Artikel yang anda tuliskan ini sangat bagus dan menarik. Situs ini saya bookmark ya . ..

    website saya
    website saya
    website saya
    website saya
    website saya
    website saya
    website saya

    BalasHapus
  2. Masih Binggung Cari BO Judi Slot yang Terpercaya? Ingin Kemenangan Cepat Cair ?

    Di Di sinilah tempatnya Kasino88, Agen judi Slot dan Live Casino yang Aman dan Terpercaya. Proses Deposit dan Withdraw hanya dalam 2

    menit. Semua Jenis Game Slot Terlengkap, dan hanya menggunakan 1 ID sudah bisa mainkan semua Games nya . Di Kasino88 lah Situs Paling

    Terekomendasi Banget Untuk Kalian !

    Tersedia Juga berbagai Promo menarik :
    - Bonus New Member 30%
    - Bonus Next Deposit 10%
    - Bonus DEPOSIT Slot Games 100%
    - Bonus Cashback Up 10%
    - Bonus Rollingan 0.8%
    - Bonus Referral

    Ayo buruan Tunggu apa lagi, Buruan Gabung Sekarang !!
    Info : www.kasino88*.com (BINTANG DI HAPUS)
    WA : +62822-9967-1032

    slot online
    judi online
    live casino
    judi bola
    agen judi

    BalasHapus
  3. Hai kakak , perkenalkan kami lotto03 Adalah Salah Satu Agen kasino Dan Togel Online Terbesar Dan Terpercaya Di Indonesia

    Berikut LIVE GAMES CASINO di LOTTO03

    Roulette Fast
    Monopoly
    Baccarat
    Dragon / Tiger
    24D
    24Dspin
    12D
    Roulette
    Oglok
    Sicbo[Dice]
    Dice 6
    Head Tail
    Red White
    Billiards
    Poker Dice
    Gong Ball
    Suwit
    NIU NIU
    IDN 4 STAND
    FANTAN GAMES

    4 PASARAN TOGEL

    - SYDNEY
    - SINGAPORE
    - HONGKONG
    - TOTO MACAU

    jangan pernah ragu dengan lotto03 kami sudah 7 tahun kemenangan berapapun kami bayar bosku semua..
    Untuk promo bonus di lotto03 sangat banyak bosku biar info lebih lengkap bosku bisa ADD nomor WHATSAPP dan LINE kami ya bosku semua..

    Info Lebih Lanjut Silahkan Add

    ** Wa : +6281285979785

    ** LINE : LOTTO03JOSS

    UNTUK LINK BERMAIN LOTTO03
    WWW*ANGKALOTTO*ORG
    WWW*ANGKALOTTO*NET
    WWW*ANGKALOTTO*INFO
    (TANDA BINTANG DI GANTI DENGAN TANDA TITIK BOSKU SEMUA)

    BalasHapus
  4. mungkin masih banyak sekali ya yang masih percaya dengan mitos mitos tersebut.. tetapi mitos kadang terjadi secara kebetulan.. mungkin banyak yang tidak pernah terjadi.. menurut opini saya saja.
    Tulisan artikel Saya

    BalasHapus
  5. id pro slot hadir, bisa buat menang lebih mudah. WA : +85577772529

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

https://www.facebook.com/vivi.mufidah.165?ref=ts&fref=ts

Flickr Images