Soft Skill

06.24.00


Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.

Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri, dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.

Kemudian yang dimaksud softskill inter personal adalah kemampuan yg dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain. Contohnya, kita mampu berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama dengan kelompok, dan lain lain.

Sebagai mahasiswa/i, sangat penting untuk mempelajari soft skil. Mengapa Soft Skills itu begitu penting ? Karena memadukan kecerdasan emosional dengan kecerdasan intelektual serta kecerdasan spiritual yang kini kian di anggap penting terlebih melihat kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan membutuhkan relasi yang ekuivalen antar manusia. Disinilah soft skills berperan, sehingga menjadikan individu dalam bermasyarakat yang lebih baik.

Fungsi mempelajari soft skill :

1.      1.  Kemampuan Berkomunikasi 
Komunikasi secara umum didefinisikan sebagai menanamkan atau pertukaran pikiran, pendapat, atau informasi melalui pidato, menulis, atau tanda-tanda. Meskipun ada yang namanya komunikasi satu arah, komunikasi dapat dirasakan lebih baik sebagai proses dua arah yang di dalamnya ada pertukaran dan perkembangan pikiran. Komunikasi adalah dasar yang paling kuat dalam interaksi di setiap lingkungan seperti sekolah, kampus dan sebagainya.

2.      2.  Manajemen Konflik
Sebagai mahasiswa akan sangat diperlukan kemampuan dalam menangani masalah yang sering muncul dalam setiap aspek kehidupan.

3.       3. Kemampuan Bekerja Sama Dengan Team
Ternyata kemampuan ini sangat besar andilnya dalam lingkungan kerja. Banyak diantara mahasiswa yang cenderung berpikir bisa bekerja sendiri tanpa melibatkan orang lain padahal pemahaman ini sangat salah. Di lingkungan kampus kemampuan ini diasah melalui kerja kelompok.

4.       4.Pengambilan Keputusan
Dalam kondisi yang mendesak kemampuan ini sangat diperlukan. Untuk kondisi tertentu kemampuan ini harus dibuat walaupun terkadang mengesampingkan prosedur atau aturan yang baku yang telah disepakati bersama. Contohnya dalam bidang kedokteran menyelamatkan ibu atau bayinya.

5.       5. Negoisasi
Negosiasi adalah suatu dialog dimaksudkan untuk menyelesaikan perselisihan, untuk menghasilkan kesepakatan atas tindakan, untuk tawar-menawar untuk keuntungan individual atau kolektif, atau hasil kerajinan untuk memuaskan berbagai kepentingan.Ini adalah metode utama alternatif penyelesaian sengketa.

Sumber :

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

https://www.facebook.com/vivi.mufidah.165?ref=ts&fref=ts

Flickr Images